HOME      ABOUT US      PROGRAMS     BUSINESSES OF MEMBERS     ACHIEVEMENTS   HOW TO JOIN     ILUNI     BLOG

QnA: Mumtaz Anwari and How He Turned His Hobby into Business

Beberapa waktu lalu, CEDS UI memiliki kesempatan untuk bertemu langsung dengan Kak Mumtaz Anwari. Kak Mumtaz merupakan founder dari MTZ Cheesecake yang memproduksi berbagai macam rasa cheesecake in jar. “MTZ jual beraneka macam cheececake in jar. Saat ini, produksi kami sudah punya 5 cabang Go-Food di seluruh Jabodetabek,” ucap mahasiswa tingkat akhir di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia ini.

Kak Mumtaz bercerita bahwa awal mula ia menjalankan bisnis ini adalah karena kecintaannya terhadap makanan. “Gue emang suka nyoba-nyoba resep baru. Resep-resep tersebut biasanya gue dapet dari Youtube atau dari nyokap gue yang emang suka masak,” jelasnya. “Suatu hari, gue bikin cheesecake dan mulai terpikir ide untuk berbisnis. Tapi, gue merasa kalo cheesecake-nya biasa aja, maka produk gue akan kalah saing dengan cheesecake lain di pasar. Makanya, gue buat cheesecake yang beda dan unik.”

Mumtaz Anwari,Founder dari MTZ Cheesecake

Akhirnya, mulai dari semester dua, Kak Mumtaz mencoba memasarkan produk cheesecake in jar miliknya sendiri. Produk tersebut ia namai dengan MTZ Cheesecake. Pada masa-masa awal mengembangkan bisnisnya, Kak Mumtaz mengaku bahwa ia mengerjakan sendiri segala hal. “Gue yang bikin cheesecake-nya. Selain itu, gue juga yang mengantarkannya ke konsumen,” jelas Kak Mumtaz sambil mengenang masa-masa tersebut. Kini, Kak Mumtaz sudah memiliki 4 orang pegawai untuk membantu mengurus operasional bisnisnya.

Sejak saat itu, bisnis Kak Mumtaz terus berkembang pesat. Kak Mumtaz bercerita bahwa ketika mulai memasuki semester 3, pendapatannya bahkan sudah mencapai lebih dari 20 juta per bulan, lho! “Pemasukan gue paling banyak dari danus kepanitiaan. Jadi, panitia dana usaha dari kepanitiaan FEB maupun fakultas lain banyak yang jual cheesecake gue. Alhamdulillah, pemasukannya banyak banget dari situ.” Tidak hanya ingin mengandalkan danus kepanitiaan, Kak Mumtaz juga memasarkan produknya di koperasi fakultas, lho! “Cheesecake gue juga masuk ke koperasi-koperasi fakultas supaya lebih mudah diakses oleh mahasiswa yang ingin membeli. Saat ini, produk-produk gue udah ada di koperasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, dan fakultas-fakultas lainnya.”

Kak Mumtaz bercerita bahwa ia sempat galau memikirkan perkembangan bisnisnya ketika ia maju sebagai Ketua BEM FEB UI 2017. “Gue memang sempet galau mikirin hal itu. Saat itu, gue berpikir mungkin ini saatnya bisnis gue stagnan dulu aja karena gue mengemban amanah sebagai Ketua BEM FEB UI. Alhamdulillah, sekarang pendapatan gue dari bisnis ini naik lagi pelan-pelan,” ujarnya.

Akhir kata, Kak Mumtaz memberikan beberapa patah kata untuk Sahabat CEDS yang ingin mengembangkan bisnis di bidang makanan. Kak Mumtaz mengatakan supaya Sahabat CEDS tidak boleh mudah menyerah dalam bisnis, meskipun persaingan di dunia bisnis makanan cukup kompetitif. “Gue juga kadang dapet komentar dari konsumen yang nggak cocok dengan cheesecake gue. Misalnya, menurut mereka cheesecake gue kemanisan. Tapi, gue tau gue gak boleh gampang menyerah hanya karena hal tersebut,” jelas Kak Mumtaz dengan bijak untuk menutup pembicaraan di sore hari tersebut.

Ingin tahu wawancara lengkap CEDS UI dengan Kak Mumtaz Anwari? Simak video lengkapnya hanya di kanal YouTube CEDS UI, yuk!

Ditulis oleh Vadya Amalia

Leave a Comment