cropped-Logo-WEB.pngStudent Body for Business

Center for Entrepreneurship Development and Studies

logo-kecil 

 

 HOME        TENTANG      PROGRAM & PRESTASI      BISNIS ANGGOTA CEDS      BERGABUNG      ILUNI      EVENTS     BLOG

Seminar : Exploring Business Concept bersama Sabar Situmorang

Seminar kali ini menghadirkan Bapak Sabar Situmorang, Founder dari Rocket Indonesia, usaha seni dan fashion yang telah berhasil menjadi brand leader fashion artis nasional selama puluhan tahun. Bapak Sabar Situmorang yang juga merupakan alumni ITB Bandung selain aktif di bisnis, juga menjadi dosen sekaligus mentor di Sekolah Bisnis (SBM ITB).

Pak sabar mengeksplor mengenai konsep bisnis one-one-one yang bisa diaplikasikan oleh mahasiswa sebagai langkah awal untuk menjalankan bisnis. One-one-one berarti, satu orang menjalankan satu jenis bisnis untuk satu market spesifik. Pak Sabar juga menuturkan bahwa proses bisnis adalah proses memahami kebutuhan konsumen dan membutuhkan observasi untuk dapat jeli mengetahui kebutuhan pasar.

Selain itu, Pak sabar juga menjalaskan mengenai konsep Nurturing VS Branding, dimana beliau mengklaim konsep Brand sebagai konsep barat yang kurang jujur. Brand seolah menutupi, menjadi topeng, dan mengurangi tingkat objektivitas seseorang saat membeli suatu produk. Pak Sabar lebih mengedepankan konsep nurturing, yaitu bagaimana seorang pengusaha melayani pelanggan sepenuh hati, dan mengutamakan kualitas dibandingkan mengedepankan merk yang dibawa.

Terakhir, pak Sabar mengeksplor mengenai prinsip bisnis China, yang membuat negara tersebut menjadi salah satu negara ekonomi superpower. Yang menarik adalah, Pak Sabar telah berkunjung langsung ke pusat ekonomi kreatif China dan menjelaskan bagaimana dahsyatnya masyarakat mendukung dan membangkitkan produk lokal negaranya.

Waktu : Sabtu, 21 Mei 2016

Tempat : FEB, Universitas Indonesia

Peserta : Member CEDS UI