cropped-Logo-WEB.pngStudent Body for Business

Center for Entrepreneurship Development and Studies

logo-kecil 

 

 HOME        TENTANG      PROGRAM & PRESTASI      BISNIS ANGGOTA CEDS      BERGABUNG      ILUNI      EVENTS     BLOG

Azka Asfari and Her Geevv to Society

Aska Asfari Silmi, founder Geevv.com

 

Pada kesempatan kali ini, CEDS UI berkesempatan untuk bertemu dengan Kak Azka Asfari Silmi. Kak Azka merupakan founder sekaligus CEO dari situs Geevv.com. Untuk Sahabat CEDS yang belum tahu, Geevv.com merupakan search engine yang memiliki konsep sosial di dalamnya. “Makanya, aku namain social search engine,” ucap mahasiswi Universitas Indonesia ini ketika kami temui pada Senin sore.

Geevv.com lahir dari keresahan Kak Azka yang merasa bahwa masyarakat Indonesia sudah terlalu tergantung pada produk asing. Padahal, menurut Kak Azka, sebenarnya produk Indonesia juga bisa bersaing dengan produk luar negeri. Akhirnya, Kak Azka bersama teman-temannya sesama mahasiswa mencoba untuk mengembangkan situs mesin pencari sendiri. Awalnya, mereka membuat riset mengenai segala hal tentang mesin pencari dan konsep-konsep yang menarik untuk dikembangkan dalam sebuah mesin pencari. Akhirnya, lahirlah Geevv.com yang memiliki konsep sosial di dalamnya.

Ketika CEDS UI menanyakan tentang prospek Geevv.com ke depannya, Kak Azka dengan yakin mengatakan bahwa Geevv memiliki masa depan yang cerah. “Memang sulit untuk bersaing dengan search engine raksasa sekelas Google, tapi kita tetap optimis karena kita punya konsep berbeda untuk search engine ini, yaitu konsep sosial yang kita namakan social search engine. Tim Geevv hanya menerima 20% dari keuntungan bersih yang diterima Geevv, karena setiap 80% keuntungan bersih yang dimiliki Geevv, akan disumbangkan untuk program-program sosial,” jelas Kak Azka bersemangat.

Ketika ditanyakan tentang asal mula nama Geevv, Kak Azka tertawa. “Sebenernya, alasan di balik pemberian nama Geevv itu agak menyedihkan, sih. Jadi, kita mau namain Give, tapi ternyata udah ada yang punya. Begitu pun dengan Givv, Geev, Gevv, dan nama-nama sejenis itu lainnya. Kalo mau bidding, biayanya mahal banget. Terus, pas kita coba iseng masukin nama  Geevv, eh ternyata bisa! Akhirnya, kita beri nama Geevv,” jelas Kak Azka tentang asal mula nama Geevv. Lalu, Kak Azka melanjutkan, “Tapi, ternyata Geevv itu ada artinya, lho! Geevv itu artinya sama aja dengan Give, yaitu memberi. Tapi, Geevv itu merupakan slang dari Geevv. Jadi, walaupun awalnya dipilih karena ketidaksengajaan, ternyata nama Geevv itu tetap ada maknanya.”

Kak Azka juga bercerita bahwa pada bulan Januari tahun 2017 lalu, Geevv telah menyumbangkan dana sebesar Rp22.000.000 kepada korban bencana Gempa Aceh dan Banjir Bima pada tahun 2016 lalu. “Ketika lihat mereka seneng dan berterima kasih, kita malah jadi seneng banget dan ikut bersyukur,” katanya.

Akhir kata, Kak Azka memberi pesan kepada Sahabat CEDS yang bercita-cita ingin jadi entrepreneur, khususnya sociopreneur. “Buat Sahabat CEDS yang punya minat besar jadi sociopreneur, lanjutin aja! Serius, deh, sekarang customer juga udah merhatiin banget value dari sebuah perusahaan. Mereka lebih suka yang berkonsep sosial. Jadi, sociopreneur gak usah ragu-ragu dan takut usahanya bakal mati,” ucap Kak Azka menutup perbincangan hangat di sore itu.

Ingin tahu wawancara lengkap CEDS UI dengan Kak Azka Asfari? Simak video lengkapnya hanya di kanal YouTube CEDS UI, yuk!

Ditulis oleh Vadya Amalia

Leave a Comment